PTI Cares

PTI Cares Home / PTI Cares

Dengan filosofi yang sudah lama mendasari bisnis kami, Wardah tidak hanya ingin dikenal sebagai sebuah brand skin care dan cosmetic terkemuka di Indonesia. Lebih dari itu, Wardah memiliki komitmen untuk memaknai kehadirannya di tengah masyarakat melalui kepedulian, semangat untuk berbagi, dan berbagai kontribusinya dengan melakukan upaya-upaya untuk mewujudkan kesejahteraan sosial.

PTI Cares

Dengan filosofi yang sudah lama mendasari bisnis kami, Wardah tidak hanya ingin dikenal sebagai sebuah brand skin care dan cosmetic terkemuka di Indonesia. Lebih dari itu, Wardah memiliki komitmen untuk memaknai kehadirannya di tengah masyarakat melalui kepedulian, semangat untuk berbagi, dan berbagai kontribusinya dengan melakukan upaya-upaya untuk mewujudkan kesejahteraan sosial.
Bagi Wardah, masyarakat memiliki keterkaitan erat dengan tumbuh kembang perusahaan.

Perusahaan akan terus bertumbuh jika masyarakat sekitar ikut tumbuh secara beriringan. Untuk itu, sebagai perusahaan yang memiliki tanggung jawab sosial, Wardah menjalankan program Corporate Social Responsibility (CSR) dalam lingkup yang luas dengan fokus kegiatan yang berhubungan dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat, partisipasi aktif dalam kegiatan perhimpunan, pembangunan potensi sumber daya manusia, pengembangan seni dan kebudayaan, hingga kegiatan sosial di hari besar.


Program CSR Wardah diselaraskan dengan corporate objective dan dilaksanakan secara terarah, terstruktur, dan berkelanjutan. Program CSR yang kami lakukan pun tidak sebatas bentuk tanggung jawab perusahaan, melainkan sebuah kebutuhan bagi kami untuk menciptakan sinergi dan upaya pembangunan yang berimplikasi pada peningkatan kualitas hidup masyarakat secara luas.

 

FOKUS PROGRAM

1. Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat

Secara konsisten, Wardah terus mencari peluang untuk menyempurnakan strategi dan implementasi program CSR dengan melakukan kegiatan yang dapat membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat.
Salah satu kegiatan tersebut adalah “Program Menangkan Ramadhan”, dimana Wardah menyalurkan dana sebesar Rp 500.000.000,00 sebagai dana Program Bantuan Paket Sembako Ramadhan menjelang Idul Fitri 2014, sejumlah 800 paket, dengan lokasi penyerahan di Kecamatan Cileduk, Tangerang; Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur; Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat; dan Kecamatan Pamulang Tangerang Selatan.

2. Partisipasi Aktif Dengan Komunitas

Wardah menyadari besarnya peran komunitas dalam memberikan perubahan sosial ke arah yang lebih baik. Untuk itu, Wardah membangun bentuk komunikasi dan kerjasama dengan berbagai perhimpunan untuk melakukan kegiatan sosial dan kemanusiaan, di antaranya:
Program Spirit Ramadhan 1435 H
Bekerjasama dengan Perhimpunan Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI), Wardah melakukan berbagai kegiatan positif dengan saling berbagi terhadap sesama dalam rangka menyemarakkan bulan suci Ramadhan. Kegiatan yang kami lakukan dalam program ini adalah:
a. Buka Puasa Bersama Yatim dan Dhuafa
Acara yang berlangsung di DKI Jakarta ini diisi dengan pemberian paket santunan serta bingkisan Ramadhan dan Idul Fitri bagi anak yatim dan dhuafa saat berbuka puasa; ceramah Ramadhan; serta apresiasi seni para relawan. Di dalam prosesnya, acara ini juga melibatkan pihak sponsor, mitra BSMI, serta relawan-relawan.

b. Pembagian Paket Sembako Ramadhan
Acara ini diisi dengan  penyaluran zakat, infak, dan shodaqoh dari donatur BSMI, berupa paket sembako untuk keperluan Ramadhan dan Idul Fitri kepada mustahik (penerima manfaat) di DKI Jakarta, Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Jawa Tengah.

Program Tarhib Berbuka Generasi Gemilang “Wardah-Relawan Siaga”

Bekerja sama dengan komunitas para pemuda Relawan Siaga, Wardah melakukan Program Tarhib Generasi Gemilang di Bulan Ramadhan 1435 H dengan rangkaian acara berbuka puasa bersama; menyantuni anak-anak penghafal Al Quran binaan Relawan Siaga sebanyak 200 anak; memberikan memberikan paket bingkisan sembako kepada 25 jompo; serta memberikan support untuk acara yayasan sebesar Rp 50.000.000,00.

Talkshow Tetap Sehat, Cantik, dan Bahagia di Usia Matang Dengan Yayasan Bakti Sosial Ibu-Ibu Bintaro Jaya
Yayasan Bakti Sosial Ibu-Ibu Bintaro Jaya merupakan komunitas aktif yang telah mulai melakukan kegiatan-kegiatan sosial semenjak krisis multidimensi melanda Negeri Indonesia di tahun 1998. Wardah melakukan interaksi sosial dengan perhimpunan tersebut dalam bentuk Talkshow bertema “Tetap Sehat, Cantik, dan Bahagia di Usia Matang” dengan tujuan meningkatkan kepedulian sosial untuk membantu sesama yang kurang beruntung; memberikan pengetahuan dan pemahaman bagi para ibu tentang pentingnya menjaga kesehatan fisik dan psikologis di usia matang; serta mempererat silaturahmi antara masyarakat, sponsor atau donatur dengan organisasi.
Acara yang dilaksanakan pada 16 Desember 2014 ini diisi dengan edukasi dari narasumber Dra. Psi. Elly Risman, Dr. Dewi Inong Irana, SpKK, serta Risty Tagor sebagai moderator. Adapun support Wardah diberikan dengan jumlah Rp 40.000.000,00 dalam bentuk 400 goodiebag, support tata rias, serta hijab model peragawati saat acara berlangsung.

3. Pengembangan Seni dan Kebudayaan

Wardah senantiasa aktif dalam melakukan kegiatan yang dapat menumbuhkan kreatifitas dan menciptakan semangat positif di tengah-tengah masyarakat. Salah satu perhatian Wardah dalam pengembangan seni dan kebudayaan tercermin pada implementasi kegiatan-kegiatan sebagai berikut.

Support Wardah Cosmetics Dalam Ramadhan Jazz Festival 2014
Ramadhan Jazz Festival (RJF) merupakan festival jazz bernuansa islami pertama di Indonesia yang selalu digelar pada bulan Ramadhan. Di tahun 2014, RJF sudah memasuki tahun ke-4 dan diselenggarakan pada tanggal 11-12 Juli di Mesjid Cut Mutia Menteng, Jakarta. Pelaksanaan RJF ini merupakan bentuk apresiasi terhadap musik sebagai salah satu media dalam penyampaian pesan-pesan positif dari filosofi Brand Wardah itu sendiri. Tujuan lain dari program ini adalah untuk menyampaikan pesan-pesan kebaikan (syiar) khususnya di bulan Ramadhan, silaturahmi, ukhuwah Islamiyah, memotivasi kreativitas komunitas seni musik Indonesia, serta membentuk insan muda Islam untuk tumbuh menjadi pribadi yang inovatif, mandiri, bertanggung jawab, dan kreatif.
Adapun Ramadhan Jazz Festival ini diisi dengan berbagai macam misi sosial, seperti pelaksanaan donor darah bersama yayasan SABA; serta kerja sama dengan Dompet Dhuafa dan Komunitas Katalogue dalam melakukan pengumpulan barang atau dana yang berhubungan dengan misi pendidikan, berupa pengumpulan buku sebagai tiket masuk acara. Selain itu Wardah pun memberikan support senilai Rp 150.00.000,00 dengan rincian sebagai berikut:

a. Program 1,7 Km Sajadah

Wardah membantu  menyediakan sajadah-sajadah senilai Rp 50.000.000,00 dengan total sajadah yang diukur sepanjang 1,7 km untuk diberikan pada masjid atau mushola yang memiliki kekurangan fasilitas sajadah. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari kampanye RICMA dan Masjid Cut Meutia untuk membiasakan masjid dan mushola untuk menggunakan sajadah yang bersih dan wangi.

b. Sumbangan Untuk Kesekretariatan RICMA

Wardah pun memberikan donasi berupa uang tunai yang akan disumbangkan kepada Kesekretariatan RICMA untuk mendukung program pendidikan dengan total uang senilai Rp 25.000.000,00

c. Sumbangan Untuk Yayasan Masjid Cut Meutia
Wardah memberikan sumbangan senilai Rp 25.000.000,00 secara langsung kepada pihak Yayasan Masjid Cut Meutia untuk segala bentuk kegiatan masjid atau untuk operasional masjid.

d. Software dan Mesin Ketik Braille Khusus Qur’an (Ciptaan Institusi Pemikiran Islam) dan Qur’an Braille Cetak Wyata Guna
Wardah mengalokasikan dana senilai Rp 25.000.000,00 untuk pembuatan Qur’an Braille yang akan diberikan kepada penyandang tuna netra yang tidak dapat melihat agar mereka tetap memiliki kesempatan untuk membaca Al-Qur’an.

e. Penyelenggraan RICMA Moeslem Market
Wardah memberikan bantuan dana sebesar Rp 25.000.000,00 untuk penyelenggaraan RICMA Moeslem Market yang berisi market fashion dan food bazaar dengan  tema “100% Halal” yang bertujuan untuk membentuk jiwa entrepreneur bagi para remaja.

Sumbangan CSR Dalam Rangkain Acara Tahunan
Wardah memberikan support sebesar Rp 4.000.000,00 untuk program kegiatan tahunan Ikatan Wanita Pelukis Indonesia Cabang Jawa Barat dengan tema “Belia, Muda, Lansia Berkiprah Bersama Untuk Peduli Sesama.” Acara ini diselenggarakan pada hari Sabtu 6 September 2014 di Gedung IWPI Jabar, Jl.Teuku Umar No. 6 Bandung. Acara diisi dengan  Pameran karya-karya dari Ikatan Wanita Pelukis Indonesia Cabang Jawa Barat (IWPIJ) yang dibuka oleh pencinta seni sekaligus Rektor UNISBA, Prof.DR.dr. M. Thaufiq.S. Boesoirie, M.S., Sp.THT-KL (K).

4. Pembangunan Potensi Sumber Daya Manusia

Wardah meyakini pendidikan sebagai faktor utama dalam pembangunan sumber daya manusia. Karena itu, Wardah ikut berpartisipasi dalam memberikan bantuan Dana SPP dan Daftar Ulang Siswa Yayasan Panti Asuhan YAKIIN yang beralamat di Jl. Pesantren, RT 001 RW 07, Kereo Selatan Larangan, Tangerang. Melalui program ini, diharapkan Wardah dapat membantu generasi muda untuk mendapatkan pendidikan sehingga mereka memiliki kesempatan untuk terus berkembang dan berprestasi.


5. Kegiatan Sosial di Hari Besar

Wardah juga selalu berpartisipasi dan berkontribusi dalam berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan, khususnya yang terkait dengan peringatan hari besar.

Program Wisata Bersama Wardah dan Sahabat-Sahabat Yayasan Sayap Ibu
Yayasan Sayap Ibu merupakan salah satu organisasi sosial yang memiliki visi dan misi untuk melakukan perlindungan anak. Seiring dengan peringatan hari Disabilitas International yang jatuh pada tanggal 3 Desember 2014 serta peringatan 9 Tahun Pelayanan Yayasan Sayap Ibu Cabang Provinsi Banten, kami pun melaksanakan program wisata bersama yang dilaksanakan pada hari sabtu, 29 November 2014, di Kebun raya Bogor. Acara tersebut diisi dengan kegiatan bernyanyi bersama, berdongeng, perlombaan di alam terbuka, dan lain sebagainya.
Wardah menyalurkan dana untuk Program Wisata Bersama Wardah dan Sahabat-Sahabat Yayasan Sayap Ibu dengan total nilai sebesar Rp 10.000.000,00.  Adapun peserta-peserta yang mengikuti program ini, antara lain:
a. 100 anak disabilitas ganda dan anak terlantar binaan Yayasan Sayap Ibu;
b. 425 circle of friends dari Yayasan Sayap Ibu;
c. 100 undangan untuk donatur, relawan, mitra, instansi terkait, sekolah, Universitas, komunitas, dan lainnya.

Peringatan 1 Muharram di Stadiun Gelora Bung Karno
Wardah memperingati Tahun Baru Hijriyah (1 Muharram) bersama Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Pusat, Din Syamsudin. Dalam acara ini, Wardah memberikan dana  sebesar Rp 100.000.000,00. Dengan kesadaran yang dimiliki kami untuk meningkatkan peran aktif masyarakat dalam pemberantasan Narkoba, Wardah pun melakukan pembagian kipas bertulisakan himbauan gerakan anti narkoba: "Narkoba NO, Halal YES!"

Bantuan Qurban Sapi Yayasan An-Nahl
Selain mengerjakan perintah Allah SWT, Wardah menyadari begitu banyak hikmah yang bisa didapatkan dari ber-qurban, seperti meningkatkan rasa kemanusiaan, mengasah kepekaan, dan menghidupkan rasa kepedulian, solidaritas, dan persaudaraan antara sesama.
Untuk itu, Wardah melakukan qurban yang dilaksanakan di Desa Bojong, Pandeglang, dengan menyumbangkan sapi senilai Rp 15.700.000,00 untuk selanjutnya dibagikan kepada kaum muslimin dan muslimat di sekitarnya.